Health
Tips Merawat Gigi untuk Lansia agar Mulut Tetap Sehat

Tips Merawat Gigi untuk Lansia agar Mulut Tetap Sehat

Orang-orang dari segala usia harus memberikan perhatian pada perawatan mulut terutama ketika mereka semakin tua , ketika kebersihan gigi menjadi lebih penting.

Lansia dapat mempertimbangkan tips gigi berikut untuk menghindari kehilangan gigi alami, kerusakan akar, dan penyakit gusi.

Periksa sikat gigi

Lansia harus memikirkan kapan terakhir kali mereka mengganti sikat gigi. Apakah sama gaya dan merek sikat gigi sejak Nixon masih presiden? Apakah ia memiliki kekakuan bulu yang tepat? Apa yang terbaik untuk mereka, sikat gigi manual atau elektrik?

Selain menyikat dengan terlalu banyak tekanan, bulunya mungkin sangat kaku. Mereka harus bertanya kepada dokter gigi mereka tentang jenis sikat gigi yang dibutuhkan oleh lansia.

Seperti yang disarankan oleh ahli gigi, sikat gigi perlu diganti setiap 3 sampai 4 bulan atau bahkan lebih cepat, jika bulunya tidak teratur atau aus. Jika ada bakteri tertinggal di gigi bahkan setelah menyikat, ini dapat menyebabkan masalah serius termasuk periodontitis dan radang gusi.

Floss

Mereka perlu membersihkan gigi setiap hari. Menggunakan benang gigi biasa adalah cara paling efektif untuk membersihkan celah sempit di antara gigi.

Ada beberapa yang suka menggunakan water pick atau oral pulsated irrigator untuk menghilangkan sisa makanan di antara gigi mereka. Ini mungkin tidak seefektif benang gigi biasa, tetapi ini merupakan alternatif yang baik untuk flossing jika tidak memungkinkan.

Hindari Merokok

Perokok memiliki resiko dua kali lipat dari bukan perokok tertular penyakit gusi. Selain efek berbahaya dari merokok tembakau, ini melemahkan sistem kekebalan serta kesehatan secara keseluruhan, yang membuatnya lebih sulit untuk melawan penyakit gusi.

Mereka yang merokok lebih sering dan untuk waktu yang lebih lama memiliki risiko lebih besar untuk tertular penyakit periodontal dan perawatan mungkin tidak efektif untuk mereka.

Merokok segala bentuk tembakau, baik pipa, rokok, celup atau bentuk yang lebih modern, meningkatkan risiko terkena penyakit gusi. Jadi saran terbaik adalah menahan diri dari merokok. Atau lebih baik lagi, hentikan kebiasaan itu.

Tetap sehat

Masalah gigi bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, terutama diabetes. Oleh karena itu, yang terbaik adalah makan makanan yang sehat dan bergizi dari kelompok makanan dasar untuk meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Ini bukan hanya tip gigi yang bagus tetapi juga saran seumur hidup untuk manula.

Waspadai mulut kering 

Wajar bagi orang untuk mengalami perubahan pada tubuh mereka seiring bertambahnya usia. Salah satu contohnya adalah mulut kering. Ketika mereka berkonsultasi dengan dokter, mereka mungkin bertanya tentang obat yang mereka minum yang membuat mulut mereka kering.

Mereka harus minum banyak air, hindari minuman keras dan permen karet yang bebas gula.

Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Selain tip gigi bagus yang disebutkan di atas, lansia harus memperhatikan perawatan mulut secara teratur.

Merupakan suatu keharusan untuk mengunjungi dokter gigi mereka setiap 6 bulan selain makan sehat, mempraktikkan kebersihan mulut yang benar, membersihkan gigi dengan benang sekali sehari, minum air berfluoride dan mencari perawatan kesehatan mulut secara teratur.