Fashion
Tips Memilih Jam Tangan Antik yang Asli

Tips Memilih Jam Tangan Antik yang Asli

Dahulu orang mengenakan jam tangan sebagai bentuk kebutuhan untuk melihat waktu agar lebih teliti dalam mengerjakan suatu kegiatan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini pemakaian jam jenis ini lebih ditujukan sebagai pelengkap dalam berpenampilan. 

Jam yang melingkar di pergelangan tangan kini mampu menambah daya tarik untuk memikat lawan bicara. Sebab petunjuk waktu kini sudah mulai tergantikan dengan keberadaan jam digital maupun jam pada perangkat handphone. 

Sebagai penyempurnaan penampilan, ternyata jam yang merupakan buatan masa dulu atau jam antik memiliki nilai lebih. Harganya pun kini lebih tinggi dibandingkan jam-jam model kekinian/modern, apalagi jika diproduksi oleh brand kenamaan. 

Namun meski menjadi incaran banyak orang, ternyata menjadi celah bagi pihak tertentu untuk mengambil keuntungan sebanyak mungkin. Yakni menciptakan desain jam yang secara fisik kuno dari brand tertentu namun ternyata hanya tiruan saja. Merasa tertipu dengan tindakan tersebut sudah pasti membuat Kita kecewa, maka dalam membeli jam kuno Kita perlu mempertimbangkan:

  • Meneliti tampilan fisiknya,

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan jam tangan antik asli atau palsu ialah dengan meneliti tampilan luarnya. Jam yang dibuat zaman dahulu memiliki material yang boleh diakui lebih berkualitas dan tahan lama. Kandungan bahan tertentu dalam material yang digunakan memberikan ciri khas dan mampu memperlihatkan usia jam tersebut. Misal dari kaca pada jam maupun hanya dari bagian tertentu di dalam jam tersebut. Apabila merasa kesulitan menentukan jam seperti apa yang memang benar-benar antik maka sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya. 

  • Melihat mesin di bagian dalam,

Jam antik biasanya juga memiliki sparepart yang tidak kalah antiknya, atau bisa disebut menggunakan sistem manual. Jam produksi zaman dahulu menggunakan sistem pegas untuk menggerakkan jarum jam agar menunjukkan waktu dengan akurat. Mengetahui apakah jam antik yang ditemukan di toko memang merupakan produk asli bisa dengan membongkar isinya. Kita perlu mengecek bagian dalam apakah semua unsur mesinnya memang sama antiknya atau tidak. Semakin manual isi mesin maka nilai antik jam tersebut terjaga dengan baik dan meningkatkan harganya. Meski sulit menemukan sparepart pengganti namun sensasi saat mengenakannya tentu akan lebih berbeda.

  • Mencari detail tahun pembuatan,

Setiap jam yang diproduksi di zaman dahulu memiliki detail informasi tertentu, salah satunya ialah terdapat tanda. Adanya angka tahun yang menjadi penanda tahun dimana jam tersebut dirakit, dan menjadi informasi penentu umur jam itu sendiri. Mengetahui apakah jam tersebut memang buatan zaman dulu menjadi cukup mudah dengan mencari angka tahun tersebut. Biasanya berada di bagian depan dan juga di bagian belakang bawah dengan ukuran lebih kecil. Tidak mungkin jika jam tangan antik tidak memiliki angka tahun yang tercetak jelas di dalam tubuhnya.