Tips
Sofabed

Tips Memilih dan Merawat Sofa Bed dengan Benar dan Tepat

Sofa bed merupakan tempat duduk empuk yang paling diminati untuk mengisi ruang tamu atau ruang keluarga. Sofa ini memang lebih dipilih dibanding dengan kursi kayu karena lebih terlihat lebih memberi kenyamanan, kursi kayu lebih cocok untuk mengisi ruang makan atau beranda rumah untuk memberi kesan minimalis.

Sofa ini memiliki bahan dasar pembuatnya yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan para pengguna. Selain itu peletakan sofa ini juga harus tepat karena akan berpengaruh terhadap besar ruangan dan sisa ruangan serta berpengaruh terhadap perpaduan warna dan desain ruangan. Oleh karena itu banyak sekali produsen yang mengeluarkan desain sofa menarik.

Berikut adalah tips memilih sofa diantaranya:

Perhatikan ukuran ruang, pastikan luas ruangan yang tersedia, jika soda berukuran besar tentu memerlukan luas ruangan yang cukup luas, dan jika tidak terlalu luas dapat menggunakan sofa single yang cocok diletakkan di ruang kamar.

Pilih bahan sofa yang tepat, bahan pelapis sofa seperti suede, oscar hingga kulit dan pastikan memilih bahan sofa yang nyaman. Bila sofa diletakkan di ruangan dingin dan pertimbangkan untuk memilih sofa dengan bahan kulit dan bahan yang nyaman sehingga dapat digunakan untuk tidur.

Pilih struktur yang kuat, biasanya sofa ini digunakan untuk tidur dan duduk sehingga harus menopang penggunanya, dianjurkan memilih sofa dengan model click clack yang terbuat dari besi dan ada juga model sofa dengan struktur penopang yang terbuat dari kayu.

Selain itu, perhatikan juga mekanisme buka tutup sofa terutama jika digunakan untuk tidur dengan melakukan pengaturan buka tutup. Pilihlah cara buka tutup sofa yang mudah sehingga tidak kesulitan saat menggunakannya untuk duduk maupun tidur. Pilih busa yang nyaman, cobalah untuk posisi duduk dan tidur sehingga akan mengetahui kenyamanan sofa.

Berikut adalah tips merawat sofa diantaranya:

Ganti kandungan minyak dengan produk perawatan bahan kulit seperti kondisioner dan pelembab guna melindungi permukaan bahan kulit.

Jangan letakkan di bawah sinar matahari secara langsung atau sumber panas lainnya karena dapat menyebabkan bahan menjadi kering sehingga mudah retak dan warnanya menjadi pudar.

Gunakan sikat bulu untuk membersihkan sofa dan jika menggunakan mesin penghisap bulu gunakan ujung yang berbulu halus dan berhati-hati supaya tidak tergores.

Selain itu, untuk merawat sofa bed maka lap perabotan secara menyeluruh dengan sedikit membasahinya dengan air hangat untuk mengelap permukaan perabotan seminggu sekali. Oleskan kondisioner dengan membaca aturan pakai dan perhatikan perubahan kulit.

Untuk menangani tumpahan cukup menepuk-nepuknya secara perlahan memakai kain lembab untuk menyerapnya. Gunakan juga produk pembersih bahan kulit khusus untuk menghilangkan noda yang lebih serius dan oleskan pelembab secara rutin untuk membuat sofa tetap awet.