Fashion
Batik Jawa Barat

Ragam Batik Jawa Barat khas Indonesia

Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerjaan majapahit dan penyembaran ajaran islan di tanah jawa. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerjaan mataram, kemudian pada masa kejaan solo dan yogjakarta.

Jadi kesenian batik di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerjaan majapahit dan terus berkebangan keseluruh Indonesia sampai hari ini.

Jawa barat adalah provinsi yang sangat besar dari bagian Negara Indonesia selain kesenian dan adat wilayah yang satu ini pun punya khas batik dari bagian daerah-daerahnya Antara lain.

1. Batik Ciamis

Batik ciamis mempunyai khas corak tidak terlalu ramai biasanya motif batik ciamis berupa daun dan parang rusak. Ciri yang paling dikenal dari adalah pada pengunaan warna, batik ciamis biasanya menggunakan dua warna berbeda misalnya coklat dan hitam dengan dasar kain berwarna putih.

2. Batik Cirebon

Batik Cirebon mempunyai batik khas yang terkenal dan sekaligus menjadi ikon Cirebon adalah motif megamendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan. Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali

3. Batik Garutan

Batik garutan mempunyai khas ragam hias datar dan bentuk geometris yang mengarah secara diagonal, bentuk kawung, atau belah ketupat. Batik garutan mempunyai nama khas seperti Rereng peteuy, Rereng kembang Corong, Rereng kembang Merak ngibing, Rereng pancul, limar, lereng adumanis,lereng suuk, sapu jagar, dll.

4. Batik Indramayu

Batik indramayu tidak kalah terkenalnya dari batik lainya, batik indramayu mempunyai batik adalan dan indentik dengan daerahnya adalah batik tulis complongan. Batik complongan Dikatakannya, batik Complongan berarti teknik melubangi kain batik dengan deretan jarum, keunikan batik tersebut menjadi daya tarik pasar Eropa dan Asia begitu juga untuk konsumen lokal cukup menggairahkan.

5. Batik Sumedang

Batik Kasumedangan mempunyai banyak motif, dimana setiap motifnya mempunyai ciri khas tersendiri yaitu mulai dari mengisahkan warisan budaya yang ada di Sumedang sampai kondisi lingkungan setempat. Contoh dari motif-motif sumedang diantaranya Motif Mahkota Binokasih Sanghyang Pake, Motif Kesenian Kuda Renggong, Motif Kereta Kencana Naga Paksi, Motif, Monumen Lingga, dan Motif Daun Boled/Daun Ubi.

6. Batik Tasikmalaya

Batik tasikmalaya mempunyai beberapa motif batik terkenal diantaranya:

a. Batik Sukapura
Batik Sukapura secara sepintas menyerupai batik Madura dengan ragam hias yang kontras dalam ukuran motif dan warna.

b. Batik Sawoan
Batik Sawoan adalah batik yang didominasi warna coklat seperti buah sawo ditambah warna indigo dan ornamen warna putih, mirip Batik Solo.

c. Batik Tasik
Sedangkan Batik Tasik memiliki ciri warna-warna yang cerah karena pengaruh dari batik pesisiran. Motif batik Tasikmalaya sangat kental dengan nuansa Parahyangan, seperti bunga anggrek, burung, dan lain-lain.

d. Batik Banten
Batik Banten adalah Batik yang berasal dari Provinsi Banten dan RI. Kearifan lokal yang tersisa dari pusat kerajaan pemerintah Islam Kesultanan Banten, telah mewarisi berbagai benda-benda kuno yang mempunyai ragam khas dan unik.

Lewat warisan itu, masyarakat dapat mengukir karya-karya unggulan sebagai bekal cipta anak cucu di tanah Banten. Batik Banten memilki ciri yang khas dan unik karena di samping setiap motifnya bercerita sejarah, juga berasal dari benda- benda peninggalan seperti gerabah dan nama-nama penembahan kerajaan Banten seperti Aryamandalika, Sabakingking, dan lain-lain.

Diatas adalah batik-batik Indonesia khas jawa barat yang patut anda miliki disamping dengan motif dan modelnya, batik diatas juga sudah memasuki mangsa pasar asing. Bagaimana apakah anda tertarik untuk membeli batik khas jawa barat ini ?