Informasi
Ketahui Hal Ini Sebelum Membelikan Anak Play-doh Untuk Anak 

Ketahui Hal Ini Sebelum Membelikan Anak Play-doh Untuk Anak 

Play-doh atau play dough banyak digunakan oleh anak-anak kecil dalam proyek seni dan kerajinan mereka baik di rumah maupun di sekolah. Senyawa tersebut terdiri dari tepung terigu, minyak mineral, asam borat, air, dan garam.

Manfaat bermain-doh bagi seorang anak

Menurut para ahli tumbuh kembang anak, ada banyak manfaat yang didapat anak Anda dengan bermain-main dengan adonan. Manfaat tersebut antara lain:

Pengembangan keterampilan motorik halus : Alat bantu bermain-doh yang menggulung, meremas, dan meremas dalam perkembangan otot anak-anak. Ini juga telah terbukti mendorong pralahir dan keterampilan halus lainnya seperti memegang pensil, memotong dengan gunting, dan menggunakan penjepit.

Meningkatkan kreativitas dan imajinasi : Ada banyak hal yang dapat dilakukan anak Anda dengan play-doh. Anak tersebut dapat membuat mobil, alien, kue mangkok, rumah, dan hampir semua hal yang dapat dia pikirkan. Kemampuan ini meningkatkan kreativitas dan imajinasi.

Prosesnya menenangkan dan terapeutik : Sama seperti bola stres, permainan doh juga menghilangkan stres. Memeras dan menggulung adonan membantu meredakan ketegangan, meningkatkan fokus dan melepaskan energi ekstra. Ini membantu anak-anak untuk merasa rileks dan memiliki pandangan hidup yang lebih baik.

Meningkatkan kemandirian : Menurut para ahli anak, penting bagi anak-anak untuk mulai percaya pada diri sendiri sejak usia dini. Sejak anak-anak bermain sendiri dengan adonan dan membuat desain sendiri, mereka telah meningkatkan harga diri dan cenderung percaya diri.

Meningkatkan keterampilan sosial : Anda disarankan untuk menempatkan anak-anak dalam kelompok sehingga mereka dapat bermain secara kolaboratif. Ini memainkan peran penting dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang hebat yang penting dalam semua bidang kehidupan.

Cara Memperkenalkan Anak Anda Pada Play-Doh

Agar anak Anda dapat menikmati manfaat yang datang dengan play-doh, Anda perlu memperkenalkannya padanya. Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah mengaduk adonan. Anda harus menunjukkannya terlebih dahulu kepadanya dan kemungkinan besar dia akan meniru Anda.

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah mencubit adonan. Kebanyakan bayi mengembangkan genggaman penjepit pada saat mereka berusia 9-10 bulan; oleh karena itu, mereka akan dengan mudah mempelajari keterampilan ini.

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyembunyikan adonan. Anda dapat menyembunyikannya di bawah atau di dalam wadah. Anda juga bisa menggunakan telur plastik. Anda harus memasukkan adonan ke dalam telur dan perhatikan munchkin Anda saat ia menemukan cara memeras telur hingga terbuka.

Selain kepuasan belajar melakukannya, pembukaan plastik telur juga membantu anak untuk mengembangkan kekuatan motorik halus, koordinasi mata-tangan, dan keterampilan bilateral.

Bermain-doh sangat penting dalam perkembangan anak-anak Anda. Untuk mempermudah pekerjaan Anda, sebaiknya letakkan adonan di atas taplak meja. Dengan cara ini anak-anak tidak akan berjalan di sekitar rumah dengan itu. Latihan ini juga membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Untuk memastikan anak-anak Anda mendapatkan pengalaman yang luar biasa, belilah adonan berkualitas tinggi dari toko yang memiliki reputasi baik.