Health
Ketahui Gejala Kanker Rahim dan Cara Mengatasinya

Ketahui Gejala Kanker Rahim dan Cara Mengatasinya

Kanker rahim merupakan salah satu jenis karsinoma yang muncul di organ reproduksi wanita. Ini adalah kanker keempat yang paling sering terjadi setelah kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker kolorektal. Kanker rahim dianggap sebagai kanker paling umum pada wanita dan untungnya dapat disembuhkan juga.

Di Kanada, sekitar 3.900 wanita didiagnosis dengan penyakit ini setiap tahun dan tingkat kelangsungan hidup lebih dari 80%. Tingkat kelangsungan hidup bisa jauh lebih besar jika karsinoma dapat dideteksi lebih awal. Kebanyakan kasus disebut kanker endometrium karena mereka tumbuh di lapisan dalam rahim, yaitu endometrium.

Mempelajari gejalanya merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kanker sejak dini. Sayangnya, terkadang sulit untuk melihat gejalanya karena sering mirip dengan penyakit lain. Paling sering, kanker rahim tidak menunjukkan gejala. Jika ada gejala, biasanya muncul saat sudah mencapai stadium lanjut tetapi kondisi ini bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya. Berikut beberapa gejala kanker rahim yang bisa Anda pelajari:

  1. Wanita yang menderita penyakit ini mungkin mengalami perdarahan vagina yang tidak normal; bisa jadi pendarahan berat atau hanya ringan selama sebulan.
  2. Bila Anda menemukan cairan vagina yang berat dan tidak biasa, itu mungkin gejala kanker rahim. Kotoran mungkin sering berbau busuk atau mengandung lendir.
  3. Jika merasakan nyeri panggul yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi yang biasa, itu bisa menjadi gejala penyakit ini. Rasa sakitnya bisa berkisar dari ringan hingga parah dan bisa berlangsung berjam-jam.
  4. Pendarahan setelah douching, hubungan seksual atau di antara periode Anda adalah gejala lain. Aktivitas seksual dapat menyebabkan iritasi pada serviks dan akhirnya menyebabkan perdarahan.

Bagaimana Mengatasi Gejalanya

Salah satu pertanyaan umum yang sering ditanyakan wanita adalah bagaimana cara mengatasi gejala kanker rahim. Nah, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala tersebut. Pertama, Anda dapat mencatat dengan cermat gejala yang Anda alami.

Buat daftar gejala dan tambahkan catatan tambahan seperti frekuensi kemunculannya, waktu Anda mengalaminya, dan tingkat nyeri yang dialami. Setelah itu, buatlah janji dengan dokter untuk membahas gejalanya. Berikan catatan Anda kepada dokter dan periksa daftarnya bersamanya. Yang terbaik adalah jujur ​​dengan dokter Anda dan menjawab pertanyaannya dengan jelas.

Setelah Anda mendiskusikan gejalanya dengannya, sekarang buat strategi mengatasi masalah dengannya. Berdasarkan gejala yang Anda alami, dokter akan meresepkan beberapa obat seperti pereda nyeri untuk nyeri panggul atau antibiotik untuk infeksi vagina. Pastikan Anda mengikuti dokter Anda ‘