Finance
Kenali Dulu Ragam Bunga Kredit Berikut Sebelum Ambil Pinjaman

Kenali Dulu Ragam Bunga Kredit Berikut Sebelum Ambil Pinjaman

Jumlah kebutuhan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, memang menuntut seseorang untuk bekerja lebih keras, sehingga nantinya bisa mendapatkan pemasukan tambahan, atau jika tidak membuat mereka harus berhutang. Agaknya berhutang di era modern seperti sekarang ini memang bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan terkadang secara tidak sadar dilakukan, sebut saja diantaranya adalah menggunakan kartu kredit.
Banyak yang beranggapan bahwa produk keuangan ini sangatlah membantu mereka dalam mengelola dana yang dimiliki, namun secara tidak sadar sebenarnya hal ini hanya membebani biaya pengeluaran, karena ada tambahan bunga kredit di setiap transaksinya.
Pastinya bukan sebuah hal yang baru lai bagi Anda jika seandainya lembaga keuangan atau yang juga dikenal sebagai bank memang memiliki tujuan utama yaitu profit atau keuntungan, sehingga tidak ada transaksi yang gratisan, semuanya harus disertai dengan bunga. Sehingga hati-hati jika ingin mengajukan pinjaman kesana, karena salah-salah bukannya keuntungan, justru debitur yang akan merasa dirugikan.
Untuk itu maka wajib sebelum mengenali beberapa jenis bunga kredit berikut ini, diantaranya adalah:
  1. Bunga flat, dalam setiap produk keuangan yang ditawarkan oleh bank, khususnya adalah pinjaman, kebanyakan memang mengandalkan jenis bunga yang satu ini, sama seperti namanya ini adalah bunga yang perhitungannya tetap, sehingga nilai angsuran setiap waktunya selalu sama.
  2. Bunga efektif, bunga ini agak berbeda dengan bunga flat karena nilainya senantiasa mengalami perubahan, meskipun pada dasarnya nilai cicilan yang dibayarkan oleh debitur tetap sama. Biasanya banyak digunakan untuk jenis pinjaman jangka panjang, seperti diantaranya adalah kredit pemilikan rumah atau KPR.
  3. Bunga anuitas, bunga anuitas adalah modifikasi yang didapatkan dari bunga efektif, nantinya ditujukan untuk memudahkan debitur di dalam membayar cicilan hutang mereka, karena pada dasarnya nilai angsuran memang tetap sama setiap bulannya. Meskipun pada perhitungan bunga tersebut selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu, semakin lama menjadi semakin besar, namun debitur akan tetap membayar cicilan dengan jumlah yang sama.
Sedangkan jika melihat dari segi sifat perhitungannya sendiri, maka bunga di dalam kredit keuangan dibagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah:
  1. Bunga tetap, yaitu besaran bunga yang dikenakan kepada debitur selama masa kredit tersebut jumlahnya sama, tidak ada perubahan sama sekali.
  2. Bunga mengambang, bunga yang sifatnya adalah naik turun, melihat dari nilai pasaran yang ada.
Penting untuk mengenali hal ini sehingga nantinya debitur tidak sembarangan dalam mengambil kredit. Beberapa bank ada yang mengenakan nilai bunga kredit yang masih tergolong aman, namun tak jarang juga lembaga keuangan yang memberikan bunga yang nilainya begitu tinggi, sehingga sangat membebani pada masa-masa pelunasannya.
Tags :