Informasi
Anjing Sehat

Kapan Waktu Yang Tepat Memberikan Vitamin Untuk Anjing Kesayangan?

Memelihara hewan di rumah memang mampu memberikan suka duka tersendiri. Seperti memelihara anjing misalnya, selain bisa menjadi teman sehari-hari yang menyenangkan, proses merawatnya juga terbilang susah-susah gampang.

Memberikan makanan yang bernutrisi bagi anjing kesayangan menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Selain itu, memberikan tambahan berupa vitamin anjing juga tidak kalah pentingnya agar anjing yang kita pelihara nafsu makannya tidak berkurang dan senantiasa sehat.

Pada beberapa anjing kerap ditemukan ada sudah diberi banyak sekali makanan, namun tubuhnya selalu terlihat kurus. Jika kondisi ini juga sedang terjadi pada anjing kesayangan Anda, maka penyebabnya bisa bermacam-macam. Bisa karena sedang mengalami sakit atau karena tidak nafsu makan.

Selain itu, bisa juga dikarenakan anjing sedang mengalami stress maupun cacingan. Hal ini tentunya jangan sampai dibiarkan berlarut-larut agar kondisi kesehatan anjing tidak semakin parah, serta agar anjing kesayangan Anda bisa bergerak dengan aktif dan lincah.

Untuk mengatasi hal tersebut, memberikan vitamin anjing bisa menjadi adalah satu alternatif yang bisa dilakukan. Namun yang perlu diketahui, tidak semua jenis multivitamin bagus dan tepat untuk anjing peliharaan Anda. Karena jika mengalami kelebihan untuk beberapa zat-zat tertentu pada tubuh anjing juga bisa membahayakan. Sehingga memang memberikan vitamin yang sesuai dan dalam jumlah yang tepat juga.

Sebagai pemilik anjing, sebaiknya perhatikan segala kebutuhannya dengan baik, terutama untuk keseimbangan nutrisi yang dikonsumsi. Karena ketika nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anjing tercukupi dengan seimbang, maka akan membuat anjing itu sendiri lebih sehat dan tidak mudah mengalami sakit.

Mengingat tidak semua makanan anjing yang diberikan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh anjing, maka perlu vitamin tambahan untuk meningkatkan sistem imunnya.

Mengingat tidak semua tepat diberikan pada anjing, maka ketika akan membeli sebaiknya memperhatikan berbagai tips berikut ini.

1. Ketahui merk dan kualitasnya terlebih dahulu.
2. Cari tahu mengenai nama ilmiah bahan yang Anda cari.
3. Cari tahu tentang sertifikasi produk yang bersangkutan.
4. Ketahui kandungan bahan yang terdapat di dalamnya beserta dengan fungsinya.
5. Pastikan komposisi produk terdiri atas bahan-bahan yang alami.
6. Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai suplemen atau vitamin yang cocok untuk kebutuhan nutrisi anjing peliharaan Anda.

Pemberian vitamin pada anjing bisa dilakukan ketika berada pada kondisi sebagai berikut:

• Pada anjing yang di diagnosis mengalami kekurangan vitamin dan mineral.
• Pada anjing yang menderita penyakit dan terbukti mampu merespon baik penggunaan vitamin tertentu.
• Pada anjing yang hanya mendapatkan asupan makanan yang dibuat sendiri oleh pemiliknya.
• Pada anjing dengan nafsu makan sedikit dikarenakan sedang sakit.
• Pada anjing dengan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Masing-masing vitamin atau suplemen memang memiliki manfaat yang bermacam-macam, seperti untuk menambah nafsu makan, memberikan nutrisi pada kulit dan bulu, membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga menghindarkan dari parasite penyebab penyakit.

Pastikan sebagai pemilik, Anda lebih cermat dalam memilih vitamin yang baik dan berkualitas agar manfaatnya lebih optimal ketika diberikan pada anjing kesayangan. Tak lupa juga Anda perlu memperhatikan komposisi bahan, sumber dari bahan-bahan pembuat suplemen tersebut , serta memperhatikan adanya kemungkinan menyebabkan efek samping ataukah tidak.

Di pasaran produk suplemen atau vitamin anjing terbilang cukup mudah ditemukan. Bagi Anda yang suka berbelanja secara online, e-commerce seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada bisa menjadi rekomendasi terbaik.