Tekno
Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Apa Saja Perangkat keras komputer

Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Apa Saja Perangkat keras komputer

Perangkat Keras Komputer: – Paling baik dijelaskan sebagai komponen fisik dari sistem komputer yang berisi papan sirkuit, IC, atau elektronik lainnya. Contoh perangkat keras yang sempurna adalah layar tempat Anda melihat halaman ini. Baik itu monitor komputer, tablet atau Smartphone; itu perangkat keras.

Tanpa perangkat keras apa pun, komputer Anda tidak akan ada, dan perangkat lunak tidak dapat digunakan. Gambar tersebut adalah webcam Logitech, contoh perangkat keras eksternal. Perangkat keras ini memungkinkan pengguna untuk mengambil video atau gambar dan mengirimkannya melalui Internet.

Jenis – Jenis Perangkat Keras: 

Ada dua tipe prangkat keras yaitu perangkat Keras Internal Dan Perangkat Keras Eksternal

Perangkat Keras Internal: – Perangkat keras yang ditemukan di dalam komputer Anda dan dapat ditemukan di komputer dikenal sebagai perangkat keras internal.

Ex. Perangkat Keras Internal: –

  1. Motherboard
  2. Prosesor
  3. Kipas
  4. Sanksi Panas
  5. RAM
  6. Rom
  7. Kartu Jaringan
  8. Kartu Suara
  9. SMPS (Mode Sakelar Power Supply)
  10. Modem

Penjelasan :

  1. Motherboard: – Ini dikenal sebagai bagian utama dari komputer. Ia juga dikenal sebagai System Board. Ini adalah papan cetak utama yang berisi soket yang menerima daya dan berkomunikasi dengan CPU dan RAM.
  2. Prosesor (CPU): – Prosesor menangani semua instruksi yang diterima dari perangkat keras dan perangkat lunak.
  3. Fan: – Sebuah perangkat keras yang menjaga keseluruhan komputer atau perangkat komputer tetap dingin dengan mengalirkan udara ke atau dari komputer atau komponen. Gambar tersebut adalah contoh kipas angin pada heat sink. Itu terletak di bagian atas prosesor atau CPU. Itu membantu menarik udara panas di bawah prosesor dan membantu mendinginkan.
  4. Unit Pendingin: – Unit pendingin adalah perangkat elektronik yang dilengkapi kipas atau perangkat palet untuk menjaga komponen panas seperti prosesor tetap dingin.
  5. Kartu Jaringan: – Ini adalah kartu ekspansi yang memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan; seperti jaringan rumah, atau Internet menggunakan kabel Ethernet dengan konektor RJ-45.
  6. Sound Card: – Sound card adalah kartu ekspansi atau IC untuk menghasilkan suara di komputer yang dapat didengar melalui speaker atau headphone. Meskipun komputer tidak memerlukan perangkat suara untuk berfungsi, perangkat suara disertakan di setiap mesin dalam satu bentuk atau lainnya, baik dalam slot ekspansi atau terpasang di motherboard (onboard).
  7. SMPS (Switched Mode Power Supply): – Switched-mode power supply (SMPS) adalah sirkuit elektronik yang mengubah daya menggunakan perangkat switching yang dihidupkan dan dimatikan pada frekuensi tinggi, dan komponen penyimpanan seperti induktor atau kapasitor untuk memasok daya saat perangkat switching dalam keadaan non-konduksi.
  8. Modem: – Modem memodulasi sinyal digital keluar dari komputer atau perangkat digital lainnya ke sinyal analog untuk saluran telepon kabel tembaga konvensional dan mendemodulasi sinyal analog yang masuk dan mengubahnya menjadi sinyal digital untuk perangkat digital.

Perangkat Keras Eksternal: – Perangkat keras yang terdapat di luar komputer disebut dengan Perangkat Keras Eksternal.

Ex. Perangkat Keras Eksternal.

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. UPS
  4. Mikrofon
  5. Printer
  6. Proyektor
  7. Joystick
  8. Speaker
  9. Scanner
  10. Proyektor