Health
Gejala, Penyebab dan Diagnosis Dari Penyakit Maag 

Gejala, Penyebab dan Diagnosis Dari Penyakit Maag 

Sakit maag juga disebut sebagai tukak lambung. Mereka adalah luka terbuka di lapisan perut, kerongkongan, atau duodenum yang menjadi sangat nyeri. Terkadang, tukak lambung juga disebut sebagai jenis penyakit tukak lambung. Tukak lambung mempengaruhi lambung dan usus kecil.

Kanker perut juga dikenal sebagai tukak duodenum karena dapat terjadi di beberapa bagian usus di luar lambung (duodenum). Sakit maag dapat disembuhkan, tetapi bisa menjadi parah jika perawatan yang tepat tidak diberikan pada waktu yang tepat.

Gejala sakit maag

  • Awalnya, sensasi tumpul atau terbakar terasa di perut. Ini adalah gejala yang paling umum untuk tukak lambung atau tukak lambung.
  • Kadang-kadang, nyeri dapat terjadi di mana saja di perut antara pusar dan tulang dada kapan saja sepanjang hari.
  • Bisa terjadi kembung yang menyebabkan penurunan berat badan
  • Bersendawa terjadi karena keasaman, yang juga dikenal sebagai refluks asam
  • Merasa sakit adalah tanda lain dari sakit maag
  • Rasa lapar setelah dua hingga tiga jam makan atau di tengah malam
  • Kehilangan nafsu makan atau mudah merasa kenyang
  • Tinja berwarna gelap atau kadang-kadang darah buang air besar dapat terlihat
  • Muntah dan mual menjadi hal biasa
  • Mulas dapat terjadi, yaitu sensasi terbakar dapat dirasakan di dada
  • Nyeri meningkat saat makan, minum, atau minum antasida
  • Anemia juga dapat terjadi yang menyebabkan gejala seperti kelelahan, sesak napas, atau kulit pucat
  • Kelelahan (yang mungkin juga merupakan gejala kanker perut)

Ada dua penyebab utama sakit maag adalah:

infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) yang dapat menyebabkan bisul, atau

penggunaan jangka panjang dari obat antiinflamasi non steroid (NSAID), seperti ibuprofen, diklofenak, atau aspirin

Selain itu, gaya hidup Anda juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena sakit maag. Mereka bisa menjadi:

Bisul di perut bisa terjadi karena faktor gaya hidup tertentu, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, stres berlebih, dan alkohol.

Dalam beberapa kasus, merokok juga dapat meningkatkan risiko timbulnya tukak di perut dan mungkin juga membuat pengobatan menjadi kurang efektif.

NSAID menyebabkan sakit maag dengan mengurangi produksi prostaglandin yang memadai di perut. Fungsi prostaglandin adalah melawan kerusakan yang disebabkan oleh cairan pencernaan di perut yang bersifat asam.

Diagnosis tukak lambung

Umumnya, maag didiagnosis dengan:

Foto rontgen saluran cerna atas barium (seri IG atas): Rontgen barium saluran cerna atas (GI) tidak melibatkan risiko (selain paparan radiasi) atau ketidaknyamanan dan nyaman untuk dilakukan. Barium adalah zat seperti kapur yang harus ditelan. Selama pemindaian, itu terlihat dan garis besar perut diamati. Kerugiannya adalah sinar-X barium memiliki akurasi yang rendah dan sekitar 20% kasus terlewatkan.

Endoskopi gastrointestinal bagian atas (EGD atau esophagogastroduodenoscopy): Endoskopi saluran cerna bagian atas memiliki keakuratan yang tinggi dibandingkan dengan pemindaian sinar-X barium. Selama endoskopi gastrointestinal bagian atas, obat penenang diberikan kepada pasien. Sebuah tabung fleksibel dimasukkan melalui mulut yang mengarah ke esofagus, lambung, dan duodenum untuk diperiksa.

Metode diagnostik lainnya adalah:

Tes darah: Sedikit sampel darah diuji untuk antibodi terhadap bakteri H. pylori. Jika antibodi ini ada, itu memastikan infeksi H. pylori.

Sampel feses: Untuk tes ini, sampel kecil feses Anda akan diuji untuk H. pylori. Tes tinja juga digunakan untuk mengidentifikasi penyebab darah atau darah di tinja. Terkadang, bisa jadi wasir berdarah dan bukan tukak lambung.

Tes nafas: Selama tes ini, cairan yang mengandung bahan kimia radioaktif yang tidak berbahaya ditelan. Karena adanya H. pylori, bahan kimia tersebut dipecah dan dihasilkan gas karbon dioksida. Setelah meminum cairan tersebut, dokter mungkin meminta pasien untuk bernapas ke dalam mesin. Mesin ini mengukur tingkat radioaktivitas karbon dioksida. Jika radioaktivitas tingkat tinggi diamati, ini menunjukkan beberapa infeksi H. pylori.