Informasi
15 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Berada di Negara Jepang

15 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Berada di Negara Jepang

Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Jepang, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Membiasakan diri dengan beberapa praktik budaya dasar Jepang akan membuat perjalanan Anda ke sana menyenangkan. Juga, Anda tidak akan mendapat masalah. Berikut hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan berdasarkan budaya Jepang.

  1. Jangan memasuki rumah dengan memakai sepatu Anda

Apakah Anda terbiasa berjalan-jalan di rumah dengan sepatu Anda? Nah, Anda mungkin mendapat masalah jika melakukannya di Jepang. Ada tempat khusus di mana Anda harus menyimpan sepatu sebelum memasuki rumah. Juga, ada sandal untuk tamu saat memasuki kamar.

  1. Jangan berteriak di kereta

Kereta sangat umum di Jepang. Namun, orang tidak bersuara saat berada di kereta. Mereka selalu diam. Jika Anda harus berbicara dengan seseorang, lakukan dengan nada rendah. Gunakan earphone Anda jika Anda harus mendengarkan musik.

  1. Jangan gunakan ponsel Anda di kereta

Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang Jepang tidak menyukai kebisingan di kereta. Anda jarang akan menemukan seseorang yang menggunakan ponselnya untuk melakukan panggilan di dalam kereta. Jika Anda harus menggunakan ponsel Anda, kirim pesan atau bicara dengan nada rendah agar tidak mengganggu orang lain.

  1. Jangan makan di kereta

Orang jepang tidak makan saat bepergian dengan kereta komuter. Minum tidak apa-apa kecuali kereta terlalu ramai. Namun, di kereta jarak jauh, makan dan minum diperbolehkan. Makanan dan minuman juga dijual di kereta tersebut.

  1. Jangan lupa melepas sandal toilet

Begitu sampai di Jepang, Anda akan melihat bahwa ada sandal yang hanya digunakan saat pergi ke toilet. Sandal ini mudah terlihat karena memiliki kata atau gambar tertentu. Selalu ingat untuk menghapusnya saat memasuki rumah Anda atau berjalan di jalanan.

  1. Jangan memberi tip kepada siapa pun

Meskipun memberi tip kepada siapapun setelah mendapatkan layanan terbaik di banyak budaya merupakan hal yang umum, Jepang adalah pengecualian. Tidak peduli seberapa puas Anda dengan layanan mereka, mereka tidak pernah menerima tip. Faktanya, seseorang akan mengejarmu, mengembalikan tipnya!

  1. Jangan abaikan seseorang yang Anda ajak bicara

Jika Anda berbicara dengan orang Jepang, tetaplah tenang dan perhatian. Anda mungkin terdengar tidak sopan dan kasar hanya dengan tidak menunjukkan bahwa Anda telah memahami suatu hal. Setiap kali berbicara, tunjukkan perhatian Anda dengan berbicara kembali.

  1. Jangan memotret semuanya

Meski Jepang adalah negara yang indah, Anda tidak diperbolehkan mengambil foto di mana-mana. Dianjurkan untuk selalu bertanya kepada seseorang sebelum mengambil foto. Anda harus diberi izin untuk mengambil gambar di museum, kuil, dan tempat pemujaan.

  1. Jangan memeluk siapa pun yang Anda temui

Pelukan adalah hal biasa di negara barat. Namun, di sana tidak demikian. Anda tidak memeluk seseorang yang Anda temui di jalanan Tokyo. Kebanyakan orang tua tidak menyukai kebiasaan itu. Jika Anda ingin memeluk seseorang, yang terbaik adalah mengetahui kelompok usianya dan apakah mereka merasa nyaman dengannya.

  1. Jangan makan atau minum saat berjalan

Jarang ditemukan orang Jepang makan atau minum sambil berjalan. Bahkan di jalanan dengan warung makan mereka selalu menemukan tempat duduk. Sekarang Anda tahu bagaimana harus bersikap ketika Anda berada di jalanan Jepang sehingga Anda tidak terlihat asing.

  1. Jangan menerima hadiah dengan satu tangan

Setiap kali menerima hadiah atau kartu kunjungan dari orang Jepang, gunakan kedua tangan dan busur Anda. Kalau begitu ucapkan terima kasih. Saat menerima hadiah, jangan membukanya sampai orang yang memberikannya pergi.

  1. Jangan membuang sampah sembarangan

Hal lain yang mungkin sulit Anda biasakan adalah cara menangani sampah. Di kebanyakan kota di dunia, terdapat banyak tempat sampah, namun kota-kota di sana berbeda. Masyarakat diimbau untuk membawa sampahnya sampai menemukan tempat untuk membuangnya.

  1. Jangan lalai mengucapkan “terima kasih”

Kata kerja “terima kasih” sangat dihargai di Jepang. Belajar mengatakannya setelah disajikan di hotel atau toko. Biasakan diri Anda dengan cara membungkuk dilakukan di negara tersebut. Anda harus selalu membungkuk dan mengucapkan terima kasih saat bertemu dengan sesepuh.

  1. Jangan menuliskan nama seseorang dengan tinta merah

Di Jepang, tidak apa-apa menulis “selamat tinggal” dengan tinta merah tetapi bukan nama seseorang. Orang Jepang menganggapnya tidak patuh. Oleh karena itu, jika Anda harus menuliskan nama teman Jepang Anda, Anda tahu warna mana yang harus dihindari.

  1. Jangan malu-malu

Biasanya turis meminta bantuan dari penduduk setempat. Saat Anda tiba di Jepang, jangan malu atau takut meminta apa pun. Mereka sangat ramah dan membantu. Bahkan ketika Anda secara tidak sengaja melupakan sesuatu di suatu tempat, kembalilah karena tidak ada yang akan mengambilnya.